Pada tau nggak motor jadul honda yang memakai seri CB100
(Contact Breaker / Circuit Breaker) yang dulunya sempat eksis dan
menjadi kebanggaan bagi generasi para orang tua kita dulu, kini menjadi
kebanggaan kita para pemuda beda generasi yang sekarang ini begitu
mengagumi motor Honda satu ini.
Honda CB 100 pun terbagi menjadi 3 jenis diantaranya jenis CB 100
K-0, CB 100 K-1, CB 100 K-2 dan CB 100 K-3 yang juga terbagi menjadi 4
model dari tahun ke tahun, di antaranya model Honda CB 100 Classic tahun
1973, Honda CB 100 Allround tahun 1974 dan Honda CB 100 SS Classic
tahun 1975 serta Honda CB 100 N tahun 1981 Naked bike.
Untuk itu berikut 10 kumpulan foto modifikasi motor honda cb keren dan unik untuk semua seri:
SPESIFIKASI UMUM HONDA CB100
DRIVE TRAIN DRIVE TRAIN
Engine type Tipe Mesin
Air cooled, 4-stroke OHC engine Udara didinginkan, mesin 4-tak OHC
Cylinder arrangement Cylinder pengaturan
Single cylinder 15 degree inclined from vertical Single silinder 15 derajat miring dari vertikal
Bore x stroke Bore x stroke
56.0 x 49.5 mm 56,0 x 49,5 mm
Displacement Pemindahan
122cc 122cc
Compression ratio Rasio kompresi
8.0 : 1 8,0: 1
Valve train Valve kereta
Chain driven over head camshaft Rantai camshaft digerakkan atas kepala
Maximum horsepower Maksimum tenaga kuda
8.0 BHP at 8,000 rpm 8,0 BHP di 8.000 rpm
Maximum torque Torsi maksimum
0.83 kg-m at 4,000 rpm 0,83 kg-m pada 4.000 rpm
Oil capacity Minyak kapasitas
1.0 litre 1,0 liter
Lubrication system Sistem pelumasan
Forced and wet sump Paksa dan bah basah
Cylinder head compression pressure Cylinder head tekanan kompresi
12 kg/sq-cm at 1,000 rpm 12 kg / sq-cm pada 1.000 rpm
Intake valves opens membuka katup Intake
BTDC 0 degree BTDC 0 derajat
Intake valves closes menutup katup Intake
ABDC 30 degree ABDC 30 derajat
Exhaust valves opens katup buang membuka
BBDC 35 degree BBDC 35 derajat
Exhaust valves closes katup buang menutup
ATDC 0 degree ATDC 0 derajat
Valve tappet clearance Tappet Valve clearance
0.05 mm 0,05 mm
Idle speed Idle kecepatan
1,300 rpm 1.300 rpm
FRAME/CHASSIS FRAME / CHASSIS
Clutch Kopling
Wet, multi plates Basah, multi pelat
Transmission Transmisi
5-speed constant mesh 5-speed konstan mesh
Primary reduction Primer pengurangan
4.055 4.055
Gear ratio 1 Gear rasio 1
2.769 2.769
Gear ratio 2 Gear rasio 2
2.125 2.125
Gear ratio 3 Gear rasio 3
1.578 1.578
Gear ratio 4 Gear Rasio 4
1.000 1.000
Gear ratio 5 Gear rasio 5
0.724 0.724
Final reduction Final pengurangan
4.000 4.000
Gear shift pattern Gear pergeseran pola
Left food operated return system makanan Waktu dioperasikan sistem kembali
DIMENSION DIMENSI
Frame type Jenis frame
Semi double cradle Semi double cradle
Front suspension, travel Suspensi depan, perjalanan
Telescopic fork, 152mm Teleskopik fork, 152mm
Rear suspension, travel Suspensi belakang, perjalanan
Swing arm, 94mm Swing arm, 94mm
Front tire Ban depan
2.75 – 21 (4PR) Semi Knobby 2,75-21 (4PR) menonjol Semi
Rear tire Ban belakang
4.00 – 18 (4PR) Semi Knobby 4,00-18 (4PR) menonjol Semi
Front / rear brake Rem depan / belakang
Internal expanding shoes Internal memperluas sepatu
Fuel capacity Kapasitas Bahan Bakar
4.5 lit 4.5 menyala
Fuel reserve capacity Cadangan bahan bakar kapasitas
0.5 lit 0,5 menyala
Caster angle Sudut Caster
61.30′ 61,30 ‘
Trail length Trail panjang
105 mm 105 mm
ELECTRICAL LISTRIK
Overall length Secara keseluruhan panjang
1.955 mm 1,955 mm
Overall width Secara keseluruhan lebar
840 mm 840 mm
Overall height Tinggi total
1.095 mm 1,095 mm
Wheel base Roda dasar
1.280 mm 1,280 mm
Seat height Kursi tinggi
780 mm 780 mm
Foot peg height Foot pasak tinggi
335 mm 335 mm
Ground clearance Ground clearance
260 mm 260 mm
Dry weight Berat kering
88 kg 88 kg
Ignition Pengapian
Flywheel magneto Dinamo roda gila
Starting system Mulai sistem
Kick starter Kick starter
Alternator Alternator
AC Generator Generator AC
Spark plug Busi
NGK D 8 ES-L or ND X 24ES NGK D 8 ES-L atau ND X 24ES
Kata orang tua sih, tentang mengendarai motor honda CB membuat kita mengerti tentang arti sebuah kerja keras. Sejarah Honda CB pertama kali masuk ke Indonesia yaitu
tahun 1971 dengan kode Honda CB 100 K1 oleh perusahaan PT Federal
Motor. Sebelum CB, tipe sepeda motor yang pertama kali di produksi AHM
adalah tipe bisnis S 90 Z bermesin 4 tak dengan kapasitas 90cc.
0 komentar:
Posting Komentar